Cara praktis budidaya ikan cupang

Ikan cupang adalah salah satu yang berjenis ikan hias yang gampang untuk  dipelihara. untuk memelihara ikan cupang tidak perlu  memerlukan tempat dan modal yang sangat besar.kita bisa memelihara di rumah sendiri tanpa harus memakan tempat yang besar

 keistimewahan pada ikan cupang ialah pada daya tahannya. Sanggup untuk hidup pada lingkungan air yang sangat minim oksigen. untuk tempat nya sendiri pun sedikit unik,bisa di wadah toples bekas makanan ringan,tanpa harus menggunakan aerator. Kemampuan ini dapat di karenakan  ikan cupang memiliki rongga sama seperti pada paru-paru manusia. karena Labirin tersebut bisa membuatnya untuk  bertahan pada lingkungan yang miskin  oksigen

 Ikan cupang (Betta sp.) adalah ikan air tawar yang berasal dari  daerah tropis.yang  Banyak ditemukan di daerah perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di alam bebas pun ikan ini hidup bergrombolan (berkumpul). Habitatnya ada di rawa , danau, dan sungai yang arusnya tenang.yang tidak begitu deras,di karenakan ikan cupang sendiri bukan jenis ikan yang melawan arus air.


 1.Jenis ikan cupang

 

bisa kita lihat dari mata para pecinta  ikan cupang dikenal memiliki dua jenis ikan cupang, yakni cupang hias dan cupang adu. Cupang hias dipelihara untuk menjadi hiasan tersendiri dan untuk di lihat dari warna dan gerakannya. yang membedakan cupang hias dan cupang adu adalah. jika cupang adu dipelihara untuk di adu dengan cupang lain nya yang berjenis cupang adu (medan).ada yang sangat perlu kalian ketahui, di beberapa negara mengadu ikan cupang termasuk tindakan ilegal (termasuk indonesia)

 Masyarakat ilmiah telah mencatat lebih dari 73 jenis spesies  ikan cupang yang ada di muka bumi ini. tetapi tidak semua dari spesies ini populer disebut ikan peliharaan. lain dengan ikan cupang yang ada  di pasaran kebanyakan ikan yang berada di pasaran berasal dari jenis kelompok splendens complex, yang terdiri dari Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. itu di karenakan hasil dari perkawinan silang dari spesies tersebut.


2.Memilih indukan ikan cupang

sebelum kalian melakukan pemijahan terhadap indukan , pastikan indukan jantan dan indukan  betina sudah masuk fase yang matang untuk di kawinkan.jika kalian ingin mengawinkan pastikan  indukan yang telah benar benar siap.tanda tanda induk yang siap di kawin adalah sebagai berikut.

 sebelum anda budidaya ikan cupang, langkah pertama yang harus anda siapkan adalah pastikan anda telah mendapatkan indukan atau bibit berkualitas. Indukan yang baik sebisa mungkin berasal dari keturunan unggul, kondisi fresh, bebas penyakit dan cacat bawaan. Simpan indukan jantan dan betina di tempat tersendiri.jika bisa taruh di tempat yang tidak tembus pandang,di karenakan sangat berpengaruh untuk proses perkawinan.


  • Berumur setidaknya 4-8 bulan
  • Bentuk badan panjang
  • Siripnya panjang dan warnanya terang atraktif
  • Gerakannya agresif dan lincah

Berikut adalah cara  pemijahan ikan cupang:



  • hal pertama adalah masukan cupang jantan yang telah siap untuk di  kawin kan . Biarkan cupang jantan tersebut selama satu hari dalam tempat untuk di kawinkan .dan  Ikan cupang jantan akan membuat gelembung-gelembung kecil. yang berguna untuk, menyimpan benih benih telur yang sudah  dibuahi. cara agar memancing penjantan membuat glembung, masukkan ikan cupang betina tetapi dipisah. Caranya, ikan betina dimasukkan dalam gelas plastik bening (apa saja yang penting berjenis plastik dan transparan ) dan masukan ke dalam tempat  dimana ikan jantan berada.
  • Setelah indukan cupang jantan telah selesai membuat gelembung,langkah selanjut nya adalah masukkan indukan betina ke wadah yang telah di buat glembung pada indukan jantan . Waktu pemijahan ikan cupang perkiraan biasanya pada  sekitar pukul 7-10 pagi atau pukul 4-6 sore. Ikan cupang cukup sensitif ketika kawin, sebaiknya tutup wadah dengan koran atau letakkan di ruang yang terhindar dari hilir mudik orang dan suara bising.agar cupang sendiri tidak terganggu dari suara suara dan lalu lalang orang lain.
  • jika indukan betina telah mengeluarkan benih benih, angkat segera indukan betina, karena yang bertanggung jawab membesarkan dan menjaga burayak adalah cupang jantan. Dengan mulutnya si jantan akan memunguti telur yang telah dibuahi dan meletakkannya pada gelembung-gelembung tadi. Apabila indukan betina tidak diangkat, hal yang terjadi maka telur-telur yang telah dibuahi akan dimakan si betina.
  • Setelah kurang lebih satu hari benih benih tersebut akan menetas menjadi burayak. Selama 3 hari kedepan burayak tidak perlu diberi pakan dikarenakan masih ada nutrisi yang terbawa dalam telur. Ikan cupang jantan juga akan berpuasa selama menjaga burayak.
  • setelah berjalan dalam hitungan 3 hari dari pada saat  menetas, berikan makan  kutu air (moina atau daphnia). Pemberian makan  jangan lebih  dari jumlah  burayak yang ada di sebabkan karena akan mengotori air dan dapat menyebabkan kematian pada burayak.
  • setelah itu indukan jantan sudah dapat diambil setelah burayak berumur 2 minggudi hitung  sejak menetas. Pindahkan burayak tersebut pada wadah yang lebih besar dan berikan kutu air yang lebih besar atau jentik nyamuk.
  • Setelah 1/5 bulan, ikan sudah bisa dipilih berdasarkan jenis kelaminnya. Kemudian pisahkan ikan-ikan tersebut ke wadah untuk pembesaran.


   cukup sekian tips tenak ikan cupang dari saya.
   terima kasih telah berkunjung ke blog saya.
   semoga dapat membantu kalian semua.
 
SILAHKAN BERI PERTANYAAN DI KOLOM KOMENTAR JIKA ADA YANG TIDAK ANDA MENGERTI 😇

  good luck. 

                     https://www.facebook.com/baban.aw.94

                                        

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar